Setiap orang yang secara melawan hukum dengan melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi tugas wartawan dapat dipidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000 (lima ratus juta rupiah) sesuai UU PERS no 40 tahun 1999 * Berita Online Rakyat Bagian Orde Reformasi * Borbor News *

Polsek Cengkareng Dampingi Simulasi Pemadaman Kebakaran


Borbor News, Jakarta - Kanit Binmas Polsek Cengkareng bersama dengan para Security dan para karyawan Mall Taman Palem Cengkareng mengikuti simulasi dan pelatihan Pemadam Kebakaran (Damkar) di halaman Mall Taman Palem Jl. Outer Ring Road Cengkareng Timur. Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (9/10/2019).
Kegiatan ini diikuti 36 personil dari pihak Security dan karyawan Mall Taman Palem juga Polsek  Cengkareng yang diwakili Kanit Binmas bekerjasama dengan Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat.

Kanit Binmas Polsek Cengkareng Iptu Wiyanto mengatakan, kegiatan hari ini memberikan pemahaman para Security dan karyawan Mall Taman Palem mengenai beberapa hal penting yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran, diantaranya adalah proses terjadinya api (segitiga api), yg mengakibatkan terjadinya kebakaran dan cara cara  pemadaman api, serta penggunaan alat-alat pemadam kebakaran yg telah tersedia misalnya dengan menggunakan Tabung Damkar dan Hydrant serta selang air, serta materi lainnya

Sedangkan Petugas Damkar Yuswanto menjelaskan, maksud dan tujuan diadakannya simulasi tersebut agar para Security dan karyawan  lebih memahami bagaimana cara menanggulangi apabila terjadi bencana kebakaran.

"Cepatnya perambatan api sangat membutuhkan penanganan yang cepat, sedangkan lokasi Markas Damkar kadang jauh dari lokasi kebakaran, upaya dini Security dan karyawan Mall  menjadi solusi yang tepat bila terjadi tempat perbelanjaan ini ” kata Yuswanto 

Yuswanto menambahkan, materi simulasi ini terbagi menjadi dua bagian utama, simulasi pemadaman menggunakan peralatan tradisional, dan pemadaman menggunakan alat pemadam api ringan (Apar) dan Hydrant 

"Pelaksanaan simulasi pertama kali menggunakan peralatan tradisional dengan karung goni yang telah dibasahi. Metode ini merupakan metode pemadaman yang paling sederhana namun cukup berbahaya, karena pemadaman harus sedekat mungkin dengan titik api. Kemudian dilanjutkan dengan pemadaman menggunakan Apar dan Hydrant," jelasnya.

Sementara para peserta simulasi sangat mengapresiasi adanya kegiatan semacam ini, disamping pencegahan kebakaran juga menambah wawasan.

"Kami peserta  security dan karyawan Mall sangat senang mendapatkan pelajaran dan kesempatan untuk mencoba memadamkan api, karena Apar yang disediakan terbatas," ujarnya.

Dirinya berharap agar kegiatan ini terus berlanjut dan para petugas Security serta karyawan memiliki kemampuan melakukan upaya dini. Pemadaman tidak sepenuhnya menggantungkan diri pada petugas Damkar. (Red)





Sumber : / Redaksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polsek Cengkareng Dampingi Simulasi Pemadaman Kebakaran"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkontribusi kepada kami