News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PLUCHEA Karya Mahasiswa Univ Malang Mampu Tembus Pasar Nasional

PLUCHEA Karya Mahasiswa Univ Malang Mampu Tembus Pasar Nasional


BorborNews, Malang - “PLUCHEA” infus water dari daun beluntas produk karya mahasiswa Biologi FMIPA UM mampu menembus skala Nasional
Bersamaan program jurusan Biologi FMIPA UM dalam pengembangan kewirausahan berbasis teknologi dan sains, Fahrun Nisa’, Mastika Marisahani Ulfah, Intan Ayu I, Riza Eka Novita S, Giovanica Zendi, Faiza Nur Imawati, dan Dhea Paramita membuat inovasi diversivikasi pangan dalam olahan daun beluntas menjadi infus water.

Topik utama yang di angkat adalah kearifan lokal masyarakat kuno yang meyakini bahwa dengan mengkonsumsi daun beluntas mampu mengurangi bau badan dan bau mulut.

Sesuai faktananya mahasiswa biologi ini membuktikan secara ilmiah bahwa kandungan dalam daun beluntas memiliki senyawa yang mampu menjadi antibakteri yang kaya akan anti oksidan sehingga mampu menanggulangi permasalahan tersebut.

Produk “PLUCHEA” ini memiliki cita rasa yang unik sehingga menjadikan daya tambah minat pasar.

Berikut merupakan gambaran produk pluchea yang akan di kembangkan untuk mencakup mangsa pasar yang lebih luas.

Produk ini berawal dari riset sederhana dengan dilakukan penjualan hanya dilingkungan kampus, perlahan tim PLUCHEA ini aktif mengikuti kegiatan bazar baik di skala nasional ataupun regional sehingga produk ini mulai dikenal.

Akhirnya pluchea memiliki rumah produksi dengan mendapatkan dana pada event KBMI dari dikti, ditambah merancang alat untuk pembuatan yang mulanya hanya diolah dengan metode konvensional kini mampu merancang alat produksi skala industri mikro dengan di lengkapi set sterilisasi menggunakan sinar UV sehingga kehigenisannya tidak diragukan lagi dan telah diuji kelayakan pangan.

Kini mahasiswa Biologi UM mampu memiliki luaran inovasi pangan dan terjun di bidang enterpreneur.

Dalam sebuah karya ini tidak hanya mengedepankan enterpreneur saja, tapi di kembangan menjadi sociopreneur yang melibatkan petani beluntas lokal untuk pemasok bahan baku sehingga mampu memberikan pemasukan bagi mitra yang mulanya tanaman beluntas tidak memiliki nilai jual karena hanya di manfaatkan sebagai tanaman pagar.

Rencana keberlanjutannya akan menambah outlet di kota kota besar lainya dan memberdayakan ibu ibu rumah tangga dalam produksi sehingga mampun membuka lapangan pekerjaan.

Dikirim oleh: Mastika Marisahani Ulfah. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Univ Malang.
Ingin MENDAPAT INFO KAMI
Masukan Email anda dibawah kotak Lalu tekan "Subscribe" Setelah itu cek kotak Email lalu KONFIRMASI

Delivered by BorborNews
Sumber: / Redaksi




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

loading...