Setiap orang yang secara melawan hukum dengan melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi tugas wartawan dapat dipidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000 (lima ratus juta rupiah) sesuai UU PERS no 40 tahun 1999 * Berita Online Rakyat Bagian Orde Reformasi * Borbor News *

Miris, Kericuhan HKBP Kayutinggi di Duga Karena Penyalagunaan Anggaran

Borbor News, Jakarta - Minggu 30 Juni 2019, Saat ibadah pagi HKBP Kayutingi, Cakung - Jakarta Timur, menjelang siang berjalan terjadi kericuhan setelah puji pujian dan masuk sesi Kotbah oleh Pdt H Sianturi (Video Youtube terlampir).

Dok Youtube: Detik detik Sesi Acara Kotbah Berlangsung
Di awali tdk transparan penggunaaan anggaran keuangan gereja dan tdk tepat sasaran, serta penyalagunaan anggaran yg di temukan tim audit tahunan pusat dan telah di laporan.

Sangat disayangkan, pihak pusat lambat merespon dan terkesan tdk tegas menangani polemik yg telah terjadi dari awal dan sudah berjalan lebih 6 bulan sejak ditemukan pelanggaran administrasi, seperti dugaan penyalagunaan anggaran keuangan gereja seperti kas huria dan kas pembangunan.

Dari laporan warta jemaat setiap minggu, laporan kas akhir keuangan berbeda beda. Disinilah mulainya masalah itu ditemukan hingga penelusuran ditemukan akhirnya saat auditor pusat melakukan kroscek.
Masalah ini sdh terjadi lama, dalam rapat kecil, sdh dilakukan kroscek dan konfirmasi. Memang ada penyalagunaan kas anggaran oleh beberapa oknum pelayanan gereja. (pendeta, sintua), seperti pemakaian uang gereja secara pribadi, penggelembungan Anggaran operasional dll.

Baca: Soal Kejadian Minggu Kelam, Pdt Haposan Sianturi Angkat Bicara

Secara terpisah, informasi tentang Bendahara gereja yang juga sintua gereja tersebut, dipecat oleh Pendeta Sianturi dikarenakan tidak tunduk atas arahaan arahannya. Hal tersebut diungkapkan, oleh salah jemaat disana.

Persoalan ini, sebenarnya sudah di laporan ke pusat. Surat pemberhentian sementara tugas pendeta untuk melayani di wik dan berkotbah sebenarnya sudah turun. Akan tetapi,  entah bagaimana pendeta kembali melayani di wik dan gereja tanpa warga jemaat tahu, apakah surat rekomendasi atas kembali melayani pendeta tsb sudah dilayangkan atau diterbitkan dari pusat.

Baca: Pdt Haposan Sianturi, Laporkan Terduga Pelaku Pengerokan dan Penganiayaan 

Seiring sejalan waktu, jemaat HKBP Kayutinggi, Cakung - Jakarta Timur terbentuk blok pro dan kontra. Hingga di hari kamis malam (27-06-2019), kemarin terjadilah keributan saat sermon di konstituri bahkan sampai aula gereja. Hal tersebut memancing warga sekitar, melihat kejadian tersebut hingga perwakilan dati RT 013 yang merupakan wilayah gereja tersebut datang menenangkan kericuhan yang terjadi. Hingga berita ini, diturunkan Pdt H Sianturi tidak dapat di konfirmasi melalui no teleponnya di 0811937XXX.

Warga jemaat HKBP Kayutinggi berharap segera, Pdt H Sianturi dipindah tugaskan secepatnya dan oknum Sintua yang menggunakan uang gereja agar di cabut hak dan kewajiban, tutur salah satu jemaat saat di konfirmasi oleh Tim Borbor News. (Godi).
Sumber: Redaksi

Subscribe to receive free email updates: