Setiap orang yang secara melawan hukum dengan melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi tugas wartawan dapat dipidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000 (lima ratus juta rupiah) sesuai UU PERS no 40 tahun 1999 * Berita Online Rakyat Bagian Orde Reformasi * Borbor News *

Akhirnya, Pihak Yang Berseteru di HKBP Kayutinggi - Cakung Bersepakat Damai

Borbor News, Jakarta - Perselisihan Jemaat yang Pro dan Kontra terhadap kepemimpinan Pdt Haposan Sianturi di HKBP Kayutinggi, Cakung Jakarta Timur menemui titik terang akan perdamaian di kubu Jemaat HKBP yang berseteru.
Sebelumnya dalam pemberitaan dan informasi yang beredar, (Baca: Miris, Kericuhan HKBP Kayutinggi di Duga Karena Penyalagunaan Anggaran) bahwa kelompok yang mendukung Pdt Haposan diduga, ada keterlibatan penyalagunaan anggaran keuangan gereja dan Mekanisme Pencopotan jabatan Parhalado pelayan gereja.

Senin, 1 Juli 2019 Tim Borbor News menyambangi kediaman Pdt Haposan Sianturi untuk klarifikasi informasi miring yang beredar. Dalam wawancara saat itu, Pdt Haposan Sianturi menampik isu yang menerpa dan beredar. Tidak, seperti itu ceritanya, Katanya. (Baca: Soal Kejadian Minggu Kelam HKBP Resort Kayutinggi, Pdt Haposan Sianturi Angkat Bicara).
Sebelumnya, bentrok pertama kali terjadi pada hari kamis 27 Juni 2019, saat sermon. Kelompok yang kontra terhadap Pdt Haposan Sianturi, menggeruduk ruangan Konstitori gereja. Massa jemaat meminta Pdt Haposan Sianturi untuk angkat kaki dan mundur dari gereja dikarenakan ada keganjalan hasil audit dan temuan pelanggaran anggaran gereja.

Disusul kericuhan pada saat ibadah Minggu 30 Juni 2019, saat masuk sesi Kotbah. Ridin Nainggolan berusaha merebut mimbar kotbah. Maka terjadilah perebutan diantara Pdt Haposan Sianturi dengan Ridin Nainggolan. Spontan suasana ibadah menjadi gaduh dari suasana semestinya.
Jemaat yang telah terkotak kotak dengan adanya massa yang pro dan kontra terhadap masalah yang lebih dari 6 bulan berjalan, membuat esensi gereja tersebut menjadi pudar.

Hingga akhirnya, kegaduhaan yang telah sampai ke ranah hukum membuat citra HKBP tercoreng (Baca: Pdt Haposan Sianturi, Laporkan Terduga Pelaku Pengerokan dan Penganiayaan). Hingga di hari Rabu 5 Juli 2019 bertempat di kantor Distik VIII Jakarta. Semua pihak yang berseteru duduk bersama untuj menyelesaikan polemik yang menerpa Gereja HKBP Kayutinggi, Cakung Jakarta Timur.

Demi menjaga kondusifitas kegiatan peribadahaan di gereja tersebut, Pdt Midian KH Sirait sebagai Prases HKBP Distrik VIII melakukan pertemuan dari berbagai pihak pihak.

Pihak pihak yang bersepakat:
1. St. JP Siagian
2. Pdt Haposan Sianturi (Pdt Resort Kayutinggi)
3. St. Ridin Nainggolan
4. St. M. Sihombing (Ketua Parartaon)
5. St. D. Simanungkalit (Sekretaris Bendahara)
6. L. Situmeang
7. St. A. Simanulang
8. St. DJ. Hutapea
9. Roy Naldo Ambarita
10. St. A. Siadari

Saksi saksi:
1. Sumardi, SH (Wakapolsek Cakung Timur)
2. Sukarya (Lurah Cakung Timur)
3. Ruslani (Kamtibmas)
4. Sukoco (Polsek)
5. St. Mangiman Siregar (MPSD)
6. Antonius Simanjutak (Tim/Badan Audit)
7. Pdt Japati Napitupulu (MPSD)
8. Pdt Henry J Manalu (Tim Penyelesaian Masalah)
9. Jeffry Hutagalung (mewakili PSH)
10. J. Sihite (PSH)
11. Amudi PS Sidabutar (PSH)
12. Sairun Simanulang (Tim/Badan Audit)
13. St. OB Lumbantoruan (Tim/MPSD)
14. St. Yos Simanjutak (MPSD)
15. St. Roselly Siahaan (MPSD)
16. St. Mangara Manurung (MPSD)
17. Pdt Hardy Lumbantobing (Tim/MPSD)
18. St. JN Silitonga (Tim/Bendahara Distrik)
19. Johan Sabastian Hutapea
20. Pdt Ronald Manalu

Beserta surat tembusan kepada:
1. Ephorus HKBP
2. Sekjen HKBP
3. Kadep Koinonia HKBP
4. Kadep Marturia HKBP
5. Kadep Diakonia HKBP
6. Parhalado HKBP Kayutinggi
Dengan disaksikan pihak pihak yang disebutkan diatas, maka didapati hasil kesepakatan perdamaian antara lain:
1. Ibadah minggu HKBP kembali berjalan seperti biasa mulai Minggu 7 Juli 2019. Ibadah Minggu berlangsung pada pukul 06.00, 10.15, 18.00 dan sekolah minggu.
2. Sermon Majelis setiap hari kamis tetap berjalan seperti biasa.
3.  Sermon Kategorial dan Wijk ditunda untuk sementara.
4. Jadwal pelayanan untuk point 1 dan point 2 di HKBP Kayutinggi untuk sementara diatur oleh Praeses dan kunci Gereja HKBP Kayutinggi di titipkan kepada St. JP Siagian (Jemaat yang dituakan).
5. Semua pihak diharapkan tetap menjaga keafaan di HKBP Kayutinggi tetap Kondusif.
6. Semua pihak menarik seluruh laporan yang disampaikan pihak kepolisian atas peristiwa yang terjadi di HKBP Kayutinggi sebagai Implementasi Perdamaian.

Demikian rekonsiliasi dari berbagai pihak untuk mencapai perdamaian yang di prakarsai internal HKBP Distrik VIII Jakarta. (Godi).

Berikut kilas balik terjadinya ricuh:


Sumber: Redaksi

Subscribe to receive free email updates: